Responsive Ads Here

Thursday, January 9, 2020

Chapter 1 - Pengantar Web Service

Image result for web service

Apa itu Web Service?

  • Web service adalah suatu sistem perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung interoperabilitas dan interaksi antar sistem pada suatu jaringan.
  • Web service digunakan sebagai suatu fasilitas yang disediakan oleh suatu web site untuk menyediakan layanan (dalam bentuk informasi) kepada sistem lain, sehingga sistem lain dapat berinteraksi dengan sistem tersebut melalui layananlayanan (service) yang disediakan oleh suatu sistem yang menyediakan web service.
  • Web service menyimpan data informasi dalam format XML, sehingga data ini dapat diakses oleh sistem lain walaupun berbeda platform, sistem operasi, maupun bahasa compiler.
  • Web service merupakan cara berkomunikasi antar komputer melalui World Wide Web yg tersusun dari kumpulan fungsi-fungsi aplikasi pada alamat jaringan web atau cloud, dan setiap service(layanan) yng di-share bersifat "always on”
  • TheW3C defines a "Web service" as: sebuah sistem perangkat lunak untuk mendukung interoperabilitas mesin ke mesin melalui jaringan komputer. Yang mana aplikasi ini memiliki antarmuka dgn format yang dapat diproses oleh mesin(secara spesifik yaitu WSDL). Sistem yang lain dapat berinteraksi dgn Web service dengan menggunakan SOAP Message, secara khusus disusun dengan menggunakan HTTP dan XML serialization sebagai standarnya

Ciri-ciri Web Service :

  • Web service adalah salah satu komponen aplikasi
  • Web service dapat berkomunikasi dengan menggunakan open protocols
  • Web service bersifat self-contained dan self-describing
  • Web service dapat ditemukan dengan menggunakan UDDI
  • Web service dapat digunakan oleh aplikasi lain
  • XML merupakan basis dariWeb service 

Tujuan Web Service :

    Web service bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antar pemrogram dan perusahaan, yang memungkinkan sebuah fungsi di dalam Web Service dapat dipinjam oleh aplikasi lain tanpa perlu mengetahui detil pemrograman yang terdapat di dalamnya

Kelebihan Web Service :

    (1) Tidak Terikat

    Setiap layanan memiliki independensi masing-masing Sehingga modifikasi layanan tertentu, tidak akan mempengaruhi layanan yang lainnya.

    (2) Kemudahan Integrasi

    Data satu dengan yang lainnya akan terisolasi dan tidak berhubungan. Dengan layanan web services, dapat menciptakan hubungan antar keduanya.

    (3) Penggunaan Ulang Layanan

    Layanan web service dapat didaur ulang atau dipergunakan ulang oleh aplikasi lain yang mungkin berbeda vendor.

Perbedaan Web Service dengan Web Server :


  • Web Server : sebuah perangkat komputer yang digunakan untuk mengakses segala jenis file yang terdapat pada halaman web melalui HTTP/HTTPS dengan menggunakan aplikasi atau program tertentu (dikenal dengan nama web browser) dan mengirimkan kembali hasil permintaannya dalam bentuk halaman – halaman web yang berbentuk dokumen HTML.
  • Web Service : aplikasi sekumpulan data (database), perangkat lunak (software) atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai piranti dengan sebuah perantara tertentu.

Komponen Web Service :

  • Dasar dari web service tersusun dari gabungan XML dan HTTP. 
  • XML dimanfaatkan sebagai jembatan penghubung antar platform dan bahasa pemrograman yang berbeda, dan mampu untuk mengekspresikan pesan dan fungsi yang kompleks 
  • Protokol HTTP merupakan protokol yang paling banyak digunakan dalam Internet 
  • Beberapa Komponen Web services:
    1. SOAP (Simple Object Access Protocol)
    2. UDDI (Universal Description, Discovery and Integration)
    3. WSDL (Web Services Description Language)

Arsitektur Web Service :

Image result for arsitektur web service

    Web Service memiliki tiga entitas dalam arsitekturnya, yaitu :
    1. Service Requester (permintaan layanan)
    Peminta layanan yang mencari dan menemukan layanan yang dibutuhkan serta menggunakan layanan tersebut
    2. Service Provider (penyedia layanan)
    Berfungsi untuk menyediakan layanan/service dan mengolah sebuah registry agar layanan-layanan tersebut dapat tersedia.
    3. Service Registry (daftar layanan)
    Berfungsi sebagai lokasi central yang mendeskripsikan semua layanan/service yang telah diregister. 

Interoperabilitas Web Service :

    Interoperabilitas merupakan kemampuan web service agar dapat diakses secara multi-platform dan multi-programming. Dengan Web Service, aplikasi dapat di-publish berdasarkan fungsi dan pesan, sehingga dapat diakses via jaringan internet. Web Service menggunakan xml untuk mengkodekan(encode)/mengekstrak(decode) pesan yang akan disampaikan, sedangkan SOAP sebagai pembungkus pesan yang akan dikirimkan. Web Service memungkinkan aplikasi dikembangkan dengan paltform Windows dapat berbicara dengan platform Linux/MacOS.

Jenis Web Service berdasarkan Manfaat :

    1. Reusable application-components jenis web service yang dimanfaatkan secara periodik atau berulang-ulang, contoh layanan: konversi mata uang, info cuaca, penterjemahan bahasa dll.
    2. Connect existing software ws dapat dimanfaatkan untuk mengintegrasikan antar berbagai aplikasi yang berbeda. Contoh: aplikasi traveling diintegrasikan dengan aplikasi pemesanan hotel, wisata, rental kendaraan dll meskipun dengan platform, lokasi dan pemrograman yang berbeda.

Apa itu WSDL, SOAP dan UDDI?

  • WSDL : merupakan singkatan dari Web Services Description Language yang berbentuk bahasa XML-based yang mendeskripsikan sebuah web service, dan berupa alamat maupun fungsional web service. WSDL merupakan standarW3C.
  • SOAP : SOAP singkatan dariSimple Object Access Protocol merupakan protokol berbasis XML yang memungkinkan antar aplikasi dapat bertukar informasi melalui protokol HTTP atau dengan kata lain : SOAP adalah protokol untuk mengakses sebuah Web Service.
  • UDDI :  Merupakan singkatan dari Universal Description, Discovery and Integration yang berupa directory service yang keperluan registrasi dan pencarian web service dan merupakan directory untuk menyimpan informasi web service seperti yang dideskripsikan dalam WSDL yang dapat diakses dengan menggunakan SOAP message.

Implementasi Web Service :

  • Java : JWSDP, Axis2, Apache CXF, dll.
  • PHP : SOAP extensions, NuSOAP (3rd party).
  • C++ : Axis2.
  • Microsoft : dot Net Web Service.

Sumber :

http://www.w3.org/TR/ws-arch/
http://eu.wikipedia.org/wiki/Web_Service
http://www.w3schools.com/webservices/default.asp

http://wahidin-alambiyah-19.blogspot.com/2015/03/pengertian-web-service-dan-web-server.html

No comments:

Post a Comment